Asyiknya.. Bermain Air Sambil Belajar Pembagian Pecahan

Posted by Unknown Monday, July 29, 2013 0 komentar
Salah satu materi pelajaran Matematika di SD adalah Pembagian Pecahan. Saya berusaha merancang pembelajaran supaya siswa benar-benar memahami konsep pembagian pecahan yaitu dengan cara memanfaatkan alat peraga sederhana berupa botol dan air untuk pemahaman siswa terhadap konsep pembagian pecahan.
Langkahnya adalah guru mengajak siswa bercerita mengenai kejadian yang berhubungan dengan pembagian pecahan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, Ibu membeli  1 kg minyak goreng. Kemudian minyak goreng itu dibagi-bagi ke dalam plastik berukuran ½ kg. Jadi siswa bisa membayangkan bahwa 1:1/2 = 2. 
Kemudian siswa dibagi menjadi 8 kelompok, setiap kelompok berjumlah 4 siswa. Pengelompokan berdasarkan heterogenitas siswa yaitu prestasi.  Setiap Kelompok diberi Lembar Kerja Siswa (LKS) dan  alat peraga sederhana berupa 1 botol air berukuran 600 ml dan 4 botol air berukuran 150 ml. Siswa diberi tayangan power point untuk mempraktikkan 1:1/4 = …. dengan menggunakan botol dan air yang sudah disediakan di masing-masing kelompok.
Setelah menyaksikan tayangan power point, siswa lalu mempraktikkan dengan mengisi penuh 1 botol 600 ml dengan air, sedangkan 4 botol berukuran 150 ml dibiarkan kosong. Kemudian air dari botol 600 ml tersebut  dituangkan ke dalam botol-botol kecil berukuran 150 ml yang kosong tadi sehingga bisa diketahui berapa botol air yang terisi dan yang tidak terisi oleh air. Hasilnya 4 botol berukuran 150 ml semuanya terisi air. “Oh, ternyata mudah dan sederhana ya Bu pembagian pecahan itu,” seru seorang siswa yang duduk di belakang. Kemudian siswa melakukan percobaan lain yang tentunya sesuai dengan yang diperintahkan di LKS.
Hasilnya, jawaban siswa membuat saya bangga, karena siswa ternyata mampu mengisi setiap soal di LKS melalui percobaan menggunakan alat peraga sederhana berupa botol dan air.
Di akhir pembelajaran perwakilan kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya di depan kelas. Selanjutnya, guru dan siswa mengevaluasi pembelajaran. Sampai pembelajaran akan berakhir pun siswa tetap antusias mempraktikkan pembagian pecahan menggunakan alat peraga dari botol dan air. Siswa memahami konsep pembagian pecahan melalui alat peraga sedehana berupa botol air.
Sumber : http://www.wapikweb.org/article/detail/asyiknya-bermain-air-sambil-belajar-pembagian-pecahan.php
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Asyiknya.. Bermain Air Sambil Belajar Pembagian Pecahan
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://fajar74.blogspot.com/2013/07/asyiknya-bermain-air-sambil-belajar.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Post a Comment

SMS Gratis

Created By Fajar Iswanto.

Buku Tamu

My Shoutbox

Pengikut

Kalender Hari Ini